Cara perawatan pompa air

Lebih dari 50 persen konsumsi listrik Indonesia masuk ke pengoperasian motor listrik. Ada sejumlah jenis konstruksi yang berbeda. Sebagian besar motor listrik, yang dioperasikan dengan arus bolak balik normal 230 volt dari soket, disebut motor kapasitor. Ketika seperti pemogokan motor kapasitor, kemudian beruang komponen eponymous sering kesalahan. Oleh karena itu ide yang baik untuk menguji kapasitor motor listrik. Bagaimana ahli melanjutkan ketika Anda menguji kapasitor motor, kami jelaskan di posting blog ini. Untuk kemungkinan penyebab lain, kami masuk ke artikel kami tentang " motor listrik tidak mulai " satu.
Kabar baiknya adalah bahwa kapasitor bagus dalam mengganti dan biasanya tidak terlalu mahal. Mereka dianggap mengenakan suku cadang dengan masa pakai terbatas. Dengan kapasitor baru, motor listrik sering berjalan untuk waktu yang lama tanpa masalah. Untuk mengetahui apakah komponen yang relatif murah ini sebenarnya patut disalahkan atas cacat, mari kita periksa kapasitor motor.
Perhatian!
Pekerjaan berikut mungkin dalam keadaan apapun tidak dilakukan oleh orang awam.

Di mana saya dapat menemukan kapasitor motor?

Kapasitor motor - atau dalam mesin berat juga beberapa kapasitor - biasanya terletak di bagian luar motor listrik di bawah penutup logamnya sendiri. Sebelum membuka penutup - seperti biasa ketika menangani listrik - tindakan keamanan yang diperlukan harus diterapkan. Ini berarti: Lepaskan perangkat dari sumber listrik dengan menarik steker, menekan tombol mati atau melepas sekring yang sesuai. Penutup tidak boleh dilepas dengan tangan basah atau di lingkungan yang basah. Selain itu, selalu disarankan untuk bekerja dengan alat yang sesuai.

Keselamatan dulu

Meskipun langkah-langkah ini, perhatian besar harus diambil saat memeriksa kapasitor motor. Karena kapasitor adalah perangkat listrik pasif yang dapat menyimpan energi dalam jumlah yang cukup besar. Mereka masih dapat mengancam jiwa bahkan jika seluruh motor terputus dari listrik. Sengatan listrik dari kapasitor yang diisi dapat jauh lebih kuat dari itu dari stopkontak listrik. Plat jenis biasanya memberikan informasi tentang tegangan yang diterapkan. Kami menyarankan Anda untuk bermain aman. Dalam keraguan, itu selalu lebih baik untuk memiliki kapasitor motor listrik yang diuji oleh seorang spesialis.

Segala sesuatu tentang motor listrik

Apakah Anda tertarik dengan motor listrik? Maka Anda mungkin juga tertarik dengan motor listrik halaman topik kami
HALAMAN ATAS MOTOR LISTRIK

Bagaimana cara mengenali kapasitor motor?

Kapasitor dalam motor listrik biasanya beberapa sentimeter besar, komponen berbentuk silinder. Sering, tetapi tidak selalu, kata-kata "jalankan kapasitor " (lihat di bawah) , " kapasitor awal  " , "kapasitor awal", "kapasitor motor", "kapasitor motor" atau "kapasitor start motor" dicetak. Dalam sebagian besar kasus, spesifikasi teknis dicetak untuk kapasitas, tegangan pengenal, umur dan mode operasi.

Bagaimana saya tahu bahwa kapasitor rusak?

Ada beberapa tanda-tanda yang cukup khas bahwa kapasitor motor rusak. Di satu sisi, seseorang dapat menyimpulkan dari perilaku motor pada cacat kapasitor. Di sisi lain, seringkali kapasitor untuk melihat dari luar ketika tidak lagi dalam rangka.

Perilaku mesin saat kapasitor rusak

Jika, setelah dinyalakan, motor listrik bersenandung dan mungkin berkedut, tetapi tidak berjalan dengan baik atau tidak sama sekali, mungkin kapasitor motor rusak. Jika mesin kemudian dapat dimulai ke segala arah - yaitu dengan sentakan pendek pada elemen berputar dalam rotasi stabil, ini adalah indikasi lain yang cukup pasti dari kapasitor motor yang rusak. Kebetulan, Anda harus sangat berhati-hati dengan jenis tes ini, karena ada risiko cedera. Di atas segalanya, jangan pernah melihat gergaji atau pisau, seperti mesin pemotong rumput, dengan cara ini. Banyak orang melebih-lebihkan refleks mereka dan tidak dapat menjaga jari-jari mereka keluar dari daerah bahaya cukup cepat ketika mesin mulai tiba-tiba. Sayangnya, banyak kecelakaan yang melibatkan jari-jari putus berbicara dengan bahasa yang jelas di sini.
Menjalankan mesin ke arah yang salah juga dapat menunjukkan kapasitor yang rusak. Hal yang sama berlaku untuk permulaan mesin yang sangat sulit atau tidak berdaya. Ketika mesin dimuat, kecepatannya turun sangat cepat dalam kasus seperti itu. Namun, jika motor listrik Anda berjalan dengan cara yang salah atau kehilangan daya, itu mungkin karena cacat pada kapasitor serta belitan tambahan yang rusak dari motor.

Tanda-tanda eksternal pada kapasitor

Jika perilaku mesin tidak mencolok, langkah selanjutnya adalah inspeksi visual. Sebelum kami memeriksa kapasitor motor, kami terlebih dahulu memeriksa penutupnya. Jika wadah di mana kapasitor atau kapasitor sudah penyok atau berlubang, mungkin ada kerusakan mekanis murni dari komponen listrik.
Kapasitor rusak, penyok, cacat atau berlubang harus diganti. Bahkan jika ada minyak atau sejumlah besar cairan lain dalam reses untuk kapasitor, ini mungkin menyebabkan hubungan pendek.
Kapasitor motor juga dapat rusak tanpa pengaruh eksternal selama operasi normal - setelah semua, komponen dianggap memakai bagian dengan kehidupan layanan terbatas. Juga dalam hal ini, kita sering melihat tanda-tanda eksternal ketika kita menguji kapasitor motor listrik. Misalnya, jika kerusakan isolasi terjadi di dalam komponen, panas dan tekanan berkembang. Perubahan warna suhu tinggi merupakan indikasi kerusakan pada kapasitor. Hal yang sama berlaku jika komponen silindris dipompa dan dideformasi oleh tekanan di bagian dalam.
Indikasi lain dari kapasitor yang rusak adalah ketika cairan itu sendiri bocor dari kondensor itu sendiri. Ini adalah cairan isolasi, yang sering sedikit korosif. Dia bisa menyerang tangan atau cat. Jika kapasitor bocor, Anda mungkin menganggap komponen rusak yang perlu diganti. Jika tidak ada tampilan luar, kami melanjutkan pemecahan masalah dengan memeriksa kapasitor motor dengan alat ukur yang sesuai.

Menggunakan meter untuk memeriksa kapasitor motor - bagaimana cara kerjanya?

Jika tidak ada kerusakan yang terlihat pada kapasitor motor, Anda dapat mengukur kapasitor untuk mengecualikan cacat. Sekali lagi, bagaimanapun: Perhatian bahaya! Di sisi yang aman adalah siapa yang dapat melakukan aktivitas ini oleh seorang ahli listrik yang terlatih.
Sebelum kapasitor dapat diukur, harus diputuskan dari belitan bantu, sehingga dikeluarkan dari mesin. Setelah ini selesai, pastikan bahwa kapasitor motor dilepaskan. Jika tidak, tidak hanya ada kemungkinan bahwa komponen dapat merusak elektronik alat pengukur, tetapi ada juga risiko sengatan listrik yang sangat serius, yang terkadang bisa berakibat fatal.

Tidak semua alat ukur cocok

Tidak semua meter cocok untuk memeriksa kapasitor motor. Multimeter digital, misalnya, benar-benar tidak cocok. Perangkat analog sederhana, di sisi lain, pada dasarnya melakukan pekerjaan mereka. Namun, pada sebagian besar perangkat, tegangan uji tidak cukup untuk memberikan nilai absolut yang dapat diandalkan. Tes hanya bekerja kira-kira dan paling dapat memberikan indikasi apakah komponennya rusak.
Untuk pengukuran pada kapasitor yang dibuang dan dikeluarkan, meter ditetapkan untuk uji kontinuitas. Probe ditempatkan pada dua kontak. Jika ada empat kontak, dua di antaranya selalu terhubung - kapasitor hanya memiliki dua koneksi dari sudut pandang listrik. Penting untuk tidak menyentuh kontak dengan jari selama pengukuran, karena resistensi tubuh akan memalsukan hasilnya.
Selama uji kontinuitas, pointer pengukur analog harus terlebih dahulu membelok ke kanan dan kemudian perlahan kembali ke posisi nol. Kapasitor membangun potensi listrik di sirkuit DC yang didukung oleh baterai meter. Secara proporsional, saat ini akhirnya turun menjadi nol sampai kapasitansi maksimum dari kapasitor berfungsi tercapai.
Untuk kapasitas kecil, defleksi penunjuk awal bisa sangat kecil. Jika penunjuk berhenti di kanan, kapasitor tidak menyimpan energi dan mungkin rusak. Jika tidak ada ruam, mungkin juga cacat.

Periksa kapasitor motor dengan ohmmeter

Juga dengan pengukuran hambatan dengan ohmmeter Anda dapat memeriksa kapasitor dalam motor listrik. Dalam pengukuran ini, hambatan harus mulai rendah dan secara bertahap meningkat ketika muatan kapasitor.
Yang paling berarti dalam kedua metode pengukuran adalah perbandingan dengan kapasitor motor yang berfungsi secara pasti dengan nilai teknis yang sama. Jika pointer sama dalam intensitas dan pada waktunya, kapasitor mungkin baik-baik saja.
Namun, untuk dapat mengukur kapasitansi dari sebuah kapasitor yang mungkin telah menurun selama operasi, diperlukan alat pengukur kapasitansi khusus yang menunjukkan nilai dalam Farad, unit ukuran kapasitansi.

Apa kapasitor dalam motor listrik sebenarnya?

Kapasitor motor jangka dapat diringkas dalam dua jenis kapasitor: kapasitor operasi dan kapasitor awal. Hampir semua motor kapasitor memiliki kapasitor operasi. Hanya motor listrik dari beberapa mesin khusus yang juga memiliki kapasitor awal. Kapasitor kedua ini diperlukan, misalnya, pada mesin yang sangat berat atau perlu bekerja melawan tekanan tinggi. Selanjutnya, sering ditemukan di motor listrik kapasitor penekan, tetapi tidak ada hubungannya dengan fungsi sebenarnya dari mesin dan karena itu tidak diperlakukan pada titik ini.

Kapasitor pengoperasian

In den meisten Elektromotoren bewegt sich ein drehendes Element, der Rotor, in einem elektromagnetischen Feld, das im stehenden Teil des Motors, dem Stator, erzeugt wird. Um eine gerichtete Drehbewegung zu erzeugen, bedarf es einer Dynamik im elektromagnetischen Feld, die ein Drehmoment erzeugt. Bei Motoren, die mit dem normalen 230 Volt-Haushaltswechselstrom betrieben werden, muss dazu in zwei verschiedenen Kupferwicklungen im Stator, der Haupt- und der Hilfswicklung, Strom in zwei verschiedenen Phasen fließen.
Arus bolak-balik yang ditawarkan, bagaimanapun, hanya menawarkan fase yang ditentukan. Dia dipandu oleh gulungan utama. Untuk pergeseran fasa sebesar 90 derajat arus yang mengalir melalui belitan bantu, kapasitor operasi antara bertanggung jawab. Bertanggung jawab untuk pergeseran fasa adalah perilaku listrik dari kapasitor di sirkuit AC. Kapasitansi kapasitor untuk penggunaan ini dalam "motor fase tunggal" biasanya antara 25 dan 30 μF (mikro-farad) per kW daya motor, tetapi tergantung pada banyak faktor yang berbeda.
Selain itu, ada yang disebut motor tiga fase dengan Steinmetzschaltung, yang dapat dioperasikan baik pada listrik AC normal maupun dengan arus tinggi tiga fase. Kapasitas kapasitor operasi ada sekitar 70 μF per kW daya motor. Kapasitor operasi secara konstan dalam rangkaian yang disebut operasi berkelanjutan.

Kapasitor awal

Motor mesin yang harus mulai melawan resistansi tinggi, seperti penggiling lantai atau kompresor, juga memiliki kapasitor awal. Ini memiliki kapasitas tinggi dan hanya aktif di fase awal mesin. Setelah itu mekanisme shutdown seperti switch sentrifugal memastikan bahwa kapasitor dialihkan keluar dari rangkaian. Jika ini tidak terjadi, mereka tidak dapat membakar melalui kapasitor yang sesuai untuk operasi terus menerus. Mereka digunakan untuk memberikan motor torsi awal yang sangat kuat - semacam start-up. Dalam hal tidak mungkin kapasitor start-up diinstal sebagai kapasitor operasi karena mereka tidak bekerja dalam operasi berkelanjutan.
Ada juga motor yang hanya memiliki kapasitor awal, jadi hanya perlu dorongan untuk memulai dan torsi dapat menghasilkan dalam operasi tanpa kapasitor. Namun, ini jarang digunakan.

Di mana saya dapat menemukan semua informasi tentang kapasitor dan apa artinya?

Dalam kebanyakan kasus, semua informasi tentang kapasitor pada komponen itu sendiri. Di sana, misalnya, kapasitas dalam mikro Farad (μF) dan toleransi dalam +/- persen ditentukan. Selanjutnya, tegangan pengenal atau pengenal dalam volt (V) dan kelas seumur hidup dalam satuan jam (h). Namun, umur sebuah kapasitor selalu bergantung pada pengaruh luar, seperti suhu lingkungan.
Singkatan AB atau DB menunjukkan mode operasi. AB singkatan dari operasi intermiten dan menunjukkan kapasitor start-up yang tidak cocok untuk operasi kontinyu (DB). Kapasitor pengoperasian membawa DB yang sesuai.
Selanjutnya, tanda uji yang sesuai dan informasi tentang pabrikan harus ditemukan pada kapasitor. Jika informasi ini tidak diberikan pada komponen itu sendiri, itu mungkin muncul di papan nama motor atau pada stiker sendiri di dekat penutup kapasitor. Jika perlu, dokumentasi mesin membantu. Juga, situs web atau hotline pabrikan adalah sumber yang mungkin, jika Anda kekurangan informasi.

Jika saya tidak dapat menemukan informasi apa pun, bisakah saya menghitungnya?

Secara teoritis ya. Sebagai aturan perkiraan praktis, yang sangat tidak akurat, berlaku untuk motor fase tunggal kapasitas 5μF per 100 watt daya motor, untuk motor tiga fase dengan sirkuit Steinmetz 7μF per 100 watt. Selain itu, ada opsi perhitungan yang kira-kira bergantung pada torsi, struktur motor dan nomor belitan gulungan utama dan tambahan dan harus ditemukan secara empiris untuk setiap jenis motor secara empiris dengan pengukuran.

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa pompa air hanya mendengung ?

Daftar harga jasa service pompa air 2018 ( 0822 1312 5677 )

Service pompa air Citayam 0822 1312 5677