Mengapa pompa air hanya mendengung ?

Mengapa pompa air saya hanya mendengung ??


Salam sejahtera untuk kita semua

Mungkin saat ini ada sedang mengalami yang mana saat kita ingin menghidupkan air di rumah kita tiba-tiba pompa air di rumah kita ngadat atau mengalami trouble.. jengkel bukan main apalagi saat-saat kita betul-betul membutuhkan air.. 

Sebagai orang awam dalam mengalami trouble pada pompa air di rumah kita hal-hal yang perlu kita lakukan ialah selain memanggil tukang service khusus pompa ialah melakukan perbaikan secara mandiri. 
Namun kita bingung langkah awal yg perlu kita lakukan untuk bisa memperbaiki pompa air di rumah kita.. 
Mari sama-sama kita cari tahu penyebab nya dan cara memperbaikinya. Pembahasan kita kali ini ialah tentang " mengapa pompa air di rumah hanya mendengung " ?

mendengung pada pompa yang mana pada saat kita hidupkan melalui saklar atau stop kontak pompa hanya menimbulkan suara mendengung tetapi pompa tidak berputar secara normal mengakibatkan tidak dapatnya pompa menyedot air.. 
Ini biasanya di sebabkan oleh beberapa faktor di antaranya ialah . 

  • Kapasitor yang mulai melemah.
  • Kerak atau karat pada bagian laher pompa
  • Melemahnya Gulungan dinamo pada pompa
  • Mechanical seal yg tidak sejajar
  • Impeler pompa macet akibat terganjal oleh sesuatu.
Mari kita bahas satu persatu..
  1. Kapasitor yang mulai melemah
  Apa itu kapasitor
Mandiri teknik



 Kapasitor adalah komponen elektronik yang menyimpan muatan listrik. kapasitor terbuat dari 2 konduktor dekat (biasanya piring) yang dipisahkan oleh bahan dielektrik. Piring menumpuk muatan listrik ketika terhubung ke sumber listrik. Satu piring menumpuk muatan positif dan piring lain menumpuk muatan 

Cara kerja kapasitor dalam sebuah rangkaian adalah dengan mengalirkan elektron menuju kapasitor. Pada saat kapasitor sudah di penuhi dengan elektron, tegangan akan mengalami perubahan. Selanjutnya, elektron akan keluar dari sebuah kapasitor dan mengalir menuju rangkaian yang membutuhkannya. Dengan begitu, kapasitor akan membangkitkan reaktif suatu rangkaian. Biasanya kapasitor itu di simbolkan dengan uf(mikro farad) pada kasus pompa biasanya kapasitor sudah tidak lagi mampu menggentak untuk putaran pertama di sebabkan mikro farad pada kapasitor sudah berkurang.. pada jenis pompa kecil biasanya menggunakan kapasitor dengan kapasitas 8uf sedangkan pada pompa jet pump 14uf itu tergantung pada jenis dan watt pompa tersebut.. 

Cara memperbaiki nya ialah.
Selain mengganti kapasitor yang sesuai ukuran pompa tadi dengan cara membantu secara manual pompa . Dengan cara memutar bagian kipas belakang pompa dengan tangan. Tetapi kita harus tetap berhati-hati jangan sampai kita membahayakan diri.

2. kerak atau karat pada bagian laher pompa.
Add captionhttps://tukangserficepompaairdepok.blogspot.com/?m=1

Kerak atau karat pada bagian laher pompa biasanya di sebabkan oleh air di rumah kita yg mengandung kadar besi yang tinggi yang dapat menyebabkan karat pada bagian laher pompa , kasus ini biasanya di alami pada saat kita meninggalkan rumah dalam rentang waktu yang lama. Dan pompa tidak di hidupkan selama 1-2minggu sehingga zat besi yang terkandung pada air membuat korosi pada bagian laher pompa.. 

Penanganannya ialah dengan cara di bantu putar manual sampai ia bisa berputar dan bisa juga dengan memberikan semprotan anti karat dari luar pada bagian pompa. Selain itu bisa dengan cara membongkar dan membersihkan bagian laher pompa.

3. melemahnya gulungan dinamo pompa .
https://tukangserficepompaairdepok.blogspot.com/?m=1

Gulungan dinamo yang melemah dapat menyebabkan pompa berputar secara pelan dan ada juga kasus yg mana pompa dapat berputar bolak balik. Ini biasanya di sebabkan akibat kelembaban pada pompa yg di sebabkan karena posisi pompa di tanam dan bisa juga terkena air . 

Penanganannya ialah dengan cara menggulung ulang dinamo pompa di tukang khusus gulung dinamo. 

4.mechanical seal yg tidak sejajar (tidak rata)
Kasus ini biasanya terjadi pada pompa baru mechanical seal yang tidak sejajar dapat menyebabkan pompa tidak dapat berputar hanya mendengung..

Penanganannya ialah dengan cara membuka pada bagian impeler pompa dan tekan pada bagian Mechanical seal tersebut

5.. impeler pompa macet akibat terganjal oleh sesuatu.

Dalam kasus ini biasanya pada bagian impeler pompa terganjal oleh kerikil atau baud yg ada pada bagian impeler.. 

Penanganannya ialah dengan cara mencopot bagian impeler pompa dan memastikan tidak ada yang mengganjal

Cara di atas bisa anda lakukan apabila anda mengalami trouble. Tapi lebih baik anda berikan kepada ahlinya.. jika membutuhkan bantuan seputar pompa air atau sumur bor silahkan hubungi kami MANDIRI TEKNIK 082213125677

Comments

  1. Pompa air yang harus dipancing terus adalah masalah yang bisa mengganggu kehidupan sehari-hari. Namun, dengan pemahaman tentang penyebabnya dan tindakan yang tepat, masalah ini dapat diatasi dengan mudah.

    Masalah pompa air yang tidak mau naik bisa menjadi sangat menjengkelkan, tetapi dengan pemahaman yang baik tentang penyebabnya dan solusi yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini.

    Tips Pemilihan lokasi yang tepat untuk pompa air adalah faktor kunci dalam memastikan kinerja yang optimal dan pemenuhan kebutuhan air rumah tangga. Berbagai pertimbangan seperti kebutuhan air, kedalaman sumber air, kondisi geografis, ketersediaan listrik, dan aksesibilitas harus dipertimbangkan secara cermat sebelum Anda menentukan lokasi yang ideal.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Daftar harga jasa service pompa air 2018 ( 0822 1312 5677 )

Service pompa air Citayam 0822 1312 5677